Pages

Assalamualaykum

Kuda Berlari

Photobucket

Sabtu, 03 Maret 2012

Bunga Metamorfosis

Assalamu'alaikum

Sahabat, terkadang banyak persoalan yang menginginkan perubahan. apalagi dikala kita menghadapi masalah yang sulit terselesaikan,
bahkan beberapa cara yang sama sudah dilakukan, namun kegagalan yang terbentang.
akhirnya hatipun bertanya-tanya tentang solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut, adakah benar solusi tersebut, kenapa setiap cara yang sama dilakukan pasti terbentang kegagalan?"

Ternyata permasalahannya adalah  kesalahan solusi, yang menggunakan penyelesaian yang sama. mungkin jika kita berfikir tidaklah seekor unta terjebak dalam lubang yang sama."


Dengan seiringnya waktu berjalan, hati terbuka untuk  mencari solusi yang bisa merubah segalanya. berfikir dan berfikir....

Namun, Solusi yang Shahih untuk memecahkan permasalahan adalah  dari pencipta itu sendiri. Ibarat Motor Yamaha, ketika mengalami kerusakan maka dibawalah motor yamaha tersebut ke deller Yamaha, tidak mungkin dibawa ke deller honda. begitu juga dengan kita, apabila kita mengalami suatu permasalahan maka harus dikembalikan pada pencipta kita. dan karena kita sudah menyatakan kebenaran itu ada pada Islam, maka kita harus mengembalikan permasalahan tersebut kepada Islam. karena Islam mengatur aspek seluruh kehidupan, dari masalah pribadi hingga masalah yang menyangkup segala aspek kehidupan.

Permasalahannya, siapkah seseorang menerima perubahan tersebut..???

Meskipun kebenaran telah nampak, namun belum tentu kebenaran itu diterima oleh hati.
sebagaimana perjuangan penegakkan Khilafah 'ala Min Hajj An Nubuwwah, yang mana perjuangan itu adalah merealisasikan janji Allah dan Kabar gembira dari Rasulullah Shallahu alayhi wasallam. namun, tidak sedikit orang yang menentang dan bahkan menghalangi perjuangan tersebut.




Meskipun perjuagannya sangat mulia, peduli kepada umat, namun umat belum tentu menerima kebaikan tersebut. oleh karena itulah sahabat, pelu adanya Metamorfosis (tahapan-tahapan) menuju perubahan.
Khilafah tidak akan tegak sebelum ummat itu siap ntuk menerima Khilafah, oleh karena itulah perlu adanya Dakwah (Ri'ayah Su'unnil Ummah), untuk mempersiapkan dan mengkondisikan ummat. sebagaimana Mush'ab Bin Umair mengkondisikan madinah. dan menjadikan titik sentral perjuangan dakwah.

Seseorang butuh prses untuk menerima kebenaran, seperti halnya wanita. 
Wanita tidak bisa dipaksakan untuk lurus sekaligus, melainkan ada tahapan-tahapan dan proses karena wanita seperti tulang rusuk. apabila diluruskan secara paksa maka akan patah.

Para wanita itu seperti Bunga,



Yang mekar setiap masanya, yang tumbuh secara tahapan-tahapan menuju keindahan....
begitu juga dengan kaum adam, kita tidak bisa memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
melainkan dengan cara metamorfosis. sebagaimana Rasulullah mendakwahkan Islam, yang diperkuat adalah Aqidah Islam, dan memunculkan Aqidah Aqliyah yaitu Aqidah yang lahir melalui proses berfikir. sehingga keimanan para sahabat seperti halnya bangunan yang sangat kokoh dan seperti pohon yang memiliki akar yang menghujam kedalam tanah. diterpa angin sebesar mungkin, pohon itu tetap tegak dengan kokoh.
begitu juga dengan para sahabat.

Jadi, cara untuk menyelesaikan problematika adalah proses bukan seperti saat ini, yang mengatakan proses namun tidak sedikitpun melangkah kedepan. padahal Allah berfirman:"

...Sesungguhnya Allah tidak merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu merubah nasibnya terlebih dahulu...[QS.Ar Rad:11]

Oleh karena itu sahabat, mekipun perubahan itu butuh proses layaknya seekor kupu-kupu yang mempunyai tahapan-tahapan tertentu sehingga menuju keindahan, namun hati tidak boleh terdiam dan langkah tidak boleh terjebak dalam angan-angan kosong. setidaknya ada sebersit niatan untuk merubah dan diikuti bagaimana cara untuk merubah.

~Jalan kegemilangan perlu tahapan-tahapan~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar