Pages

Assalamualaykum

Kuda Berlari

Photobucket

Kamis, 01 Maret 2012

Kabar Tak Pasti

Assalamualaikum,

Banyak orang yang merasa puas dikala mendengar berita baru, tanpa melihat sendiri dan memastikan kebenaran berita tersebut. terkadang kita juga enggan untuk mencari kebenaran berita tersebut, dan akhirnya kita membicarakan berita yang belum tentu kebenarannya.


Padahal Allah Berfirman:" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya.[QS.Al Israa':36]


Banyak fitnah dan banyak permusuhan hanya gara-gara kesalahpahaman diantara kita, mengatakan sesuatu yang kita dengar tanpa memastikan kebenarannya. sesuatu yang datang kepada kita jangan pernah dianggap remeh meskipun masalahnya sekecil mungkin, karena bisa jadi masalah yang kecil justru mengundang masalah yang besar.





Karena masalah sekecil apapun, pasti akan dipertanggung jawabkan kelak di Yaumul hizab sebagaimana Firman Allah :"

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. [QS.Al Zalzalah : 7-8]

Sahabat, sebenarnya masalah kabar yang tak pasti itu sangatlah besar, meskipun dianggap remeh, kalau kita kembali merenungi Kisah Rasulullah dimasa berawalnya Islam, beliau banyak difitnah seperti dicap sebagai tukang tenung, tukang sihir dan berbagai fitnah keji. namun Abu Lahab begitu mudah menganggap remeh masalah seperti itu. dan celakalah mereka yang percaya tanpa membuktikan kebenaran dari berita yang tak pasti, dan beruntunglah mereka yang mendapat berita yang tak pasti namun mereka terus mencari kebenarannya sampai kebenarannya pasti, dan jika belum jelas mereka tak pernah berhenti untuk mencari kebenarannya."

Jika kita melihat tragedi pengeboman gedung WTC di amerika serikat, yang mana kabarnya Umat Islam yang menghancurkan gedung WTC. oleh sebab itulah Amerika serika menggencarkan agenda Terorisme yang sesungguhnya target mereka adalah umat Islam. Namun, kebenaran secara perlahan telah terungkap,
mereka yang mendengar berita tentang umat Islam sebagai terorisme, terus mencari kepastian dan kebenaran dari kabar yang masih meragukan hati. namun, dengan seiringnya waktu kebenaran telah terungkap, dan kini banyak warga Amerika serikat yang mengetahui kebenarannya saat ini banyak yang masuk Islam. Bahkan dari hasil beberapa penelitian diperkirakan bahwa ada sekitar 200 ribu orang Hispanik yang masuk Islam di Amerika setiap tahunnya.[islammemo.cc, 9/1/2010]

begitu juga pada masa Rasulullah, semakin banyak yang mengikuti Rasulullah. oleh karena itu, sebenarnya kabar tak pasti adalah sebuah bom waktu, karena dengan seiringnya waktu pastilah rasa penasaran itu muncul dalam hati, sehingga munculah keinginan untuk mencari kebenaran tersebut. akhirnya orang yang pertama mengeluarkan kabar justru dibenci karena telah mengeluarkan isu yang tak benar (Fitnah), dan juga mendapat adzab dari Allah Subhanallahu ta'ala.


Sahabat, kita sekali-kali tidak boleh membenci seseorang yang menentang kebenaran yang kita bawa, karena bisa jadi mereka tidak tahu dan bisa jadi mereka menentang kita karena mereka mendapat kabar yang tak pasti. dan kita wajib untuk menyampaikan kebenaran tersebut. 


Layaknya seorang bayi apabila melihat uang logam, karena tidak mempunyai pengetahuan maka si bayi akan menganggap bahwa uang logam adalah makanan dan kebiasaan bayi kalau melihat uang logam dengan enaknya dimakan, padahal kalau si bayi tahu bahwa uang logam fungsinya bisa untuk membeli permen, mungkin si bayi sudah membeli permen yang manis."



Namun, kita bukan bayi namun kita adalah sesosok manusia yang memiliki akal sempurna, oleh karena itu Allah memberikan beban Hukum kepada orang yang sudah baligh.



Jadi, apabila kita mendengar sesuatu meskipun dari orang yang kita percaya dan kita hormati, wajib bagi kita meneliti kebenarannya karena hati, pendengaran, penglihatan akan dipertanggung jawabkan."


~Telitilah Kebenaran yang kau terima~
~Dimanapun dan siapapun sumbernya~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar