Pages

Assalamualaykum

Kuda Berlari

Photobucket

Kamis, 21 Mei 2015

Kenali Dirimu


Sahabat, seringkali kita mendengar tentang kepintaran seseorang yang dapat melakukan apa yang dia lakukan sehingga keberhasilan dapat tercapai. Mungkin ada juga yang pernah melihat keberhasilan dan kesuksesan seseorang. Mungkinkah kebetulan atau takdir? 

Usaha yang sama, perjuangan yang sama, mengapa dengan hasil yang berbeda? Contohnya saja : Dalam perkuliahan atau study pembelajaran dalam lembaga pendidikan, ada beberapa Mahasiswa atau Anak sekolah yang pandai dan kurang pandai. Mengapa demikian? padahal proses pembelajaran yang dilakukan adalah sama, mengapa mendapatkan prestasi yang berbeda? Nah, dalam artikel kali ini, Saya akan membahas tentang jati diri seseorang. Bagaimana bisa dalam proses yang sama bisa mendapatkan hasil yang berbeda. Pertanyaannya adalah :" WHY?".

Sebenarnya pertanyaan tersebut adalah pertanyaan mudah. Pada hakekatnya manusia adalah sama, hanya saja terkadang Kecerdasan seseorang memiliki tingkat IQ yang berbeda-beda setiap individu. Bukan penyesalan yang harus diungkapkan ketika mendapatkan karunia yang berbeda dengan orang lain. Bukan juga iri hati ketika kita tidak memiliki kemampuan IQ yang sama bahkan tidak lebih tinggi dari orang lain. Sahabat perlu ketahu, bahwa untuk berproses dalam meningkatkan kemampuan, Sahabat harus mengenali diri sendiri. Pada tingkat IQ yang mana Anda saat ini?
 
Sebelum dihargai orang lain, Sahabat harus bisa untuk menghargai diri sendiri. Ketika seorang belum menghargai diri sendiri, berarti ia tak mengenal dirinya sendiri sehingga belum bisa menghargai dirinya sendiri. Bagaimana mungkin orang lain bisa menghargai kita, jika kita tidak mengerti harga diri kita sendiri? atau justru kita tidak memiliki harga diri?

Ketika seorang sudah mengerti kapasitas dirinya sendiri dalam belajar atau bekerja, berarti dia mampu untuk mengenal dirinya sendiri dan dapat memberi harga dirinya sendiri sebelum orang lain menghargainya. Jika kapasitas diri kita rendah, maka hanya dengan kerja keras yang lebih untuk bisa mencapai hasil yang sama dengan mereka yang memiliki kapasitas IQ yang tinggi. Mungkin sahabat berfikir hasil yang berbeda dalam proses yang sama boleh jadi ternyata tidak sama. Dalam menekuni atau mempelajari sesuatu memang butuh tiga hal penting untuk menguasainya atau mencapai hasil yang maksimal yaitu FOKUS, DISIPLIN DAN LOYALITAS. Ketika manusia sudah bisa untuk melaksanakan ketiga hal penting tersebut, Saya yakin hasil yang dicapainya akan lebih maksimal dan keberhasilan akan semakin dekat.

Berlarilah lebih kencang....... Kawan....!
Fokuslah pada apa yang ditekuni, disiplinlah dalam menjalani proses demi tujuan, dan Loyalitas dalam mengerjakannya. Begitulah cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika seorang sudah bisa menjalankan ketiga hal penting tersebut yaitu Fokus, Disiplin dan Loyalitas maka berarti kita sudah bisa mengenali diri sendiri dan dapat menghargai diri sendiri. Tidak mungkin jika kita sudah menjadi manusia yang berkualitas akan dihargai rendah oleh orang lain, tentunya kita sudah paham bahwa kita sudah menjadi manusia yang berkualitas dan wajib untuk dihargai tinggi. Dengan catatan kita harus berkesinambungan dalam menjalankan sebuah proses demi tujuan yang ingin dicapai. Bukan ketika diawal saja tampak berkualitas, tatkala ditengah-tengah menjalankan proses akhirnya berbelok arah menjadi seorang yang lemah.





Sahabat memiliki potensi hebat, kembangkanlah itu.....
Sahabat adalah manusia yang luar biasa, dan tunjukkanlah itu...
Sahabat harus berfikir positif bahwa Sahabat pasti bisa untuk melakukan apa yang ingin dilakukan.
Sahabat harus percaya diri dan katakanlah pada diri sendiri :" AKU PASTI BISA!
Berapa kalipun berusaha, jangan sampai ada kata menyerah yang membayangi langkah kita. Jika seandainya berusaha sekuat tenaga tetapi masih mendapatkan hasil yang kurang diharapkan, maka berusahalah lebih dari usaha yang sudah dilakukan. Jika saat ini mendapatkan hasil yang kurang diharapkan, maka yakinlah pada diri sendiri bahwa pasti besok akan mendapatkan hasil yang diharapkan dengan catatan usaha yang lebih dan lebih. Masih ada hari esok, kenapa hari ini murung? Jika masih ada kekuatan untuk berusaha, mengapa jatuh tak mau lagi bangun? Jika masih ada sesuatu di atas, kenapa masih menghadap ke bawah? Ketahuilah, bahwa hidup ini penuh kejutan. Yakinilah bahwa Tuhan adalah Maha Kuasa yang dapat merubah segala keadaan yang mungkin menurut manusia tak mungkin berubah. Tuhan tahu segalanya yang dapat merubah keadaan siapa saja yang ada di dunia ini, dengan catatan bahwa keadaan tersebut haruslah ada usaha yang maksimal supaya benar-benar dirubah keadaannya oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

Puji Tuhan...... Semoga Sahabat lebih dan lebih mengenali diri sendiri, sehingga mengerti harga diri sendiri sebelum dihargai orang lain. Target yang Sahabat inginkan semoga diberkahi oleh-Nya dan mendapatkan hadiah dari-Nya berupa harapan yang penuh kejutan.

~Fokus, Disiplin dan Loyalitas~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar