Pages

Assalamualaykum

Kuda Berlari

Photobucket

Rabu, 20 Mei 2015

Love Is Give



Sahabat, apa sih cinta itu? mungkin sahabat pernah mendengar istilah kata "Cinta"? atau mungkin Sahabat pernah mengatakan "Aku mencintaimu" tetapi tidak pernah tahu makna sebenarnya cinta? lalu apa yang dimaksud dengan Cinta?. Nah, Saya kali ini akan membahas seputar Cinta dan Ketulusan.

Sebenarnya Cinta tidak lepas dari ketulusan. Orang berfikir bahwa Cinta adalah pengertian dari kasih dan sayang yang saling terhubung antara kedua hati yang memiliki timbal balik atau bisa dikatakan Take and Give (Menerima dan memberi / memberi dan menerima). Jika seandainya cinta adalah Take and Gift, maka orang akan berfikir bahwa saat ia memberikan segalanya demi sesuatu yang dicintainya, berarti ada sedikit harapan untuk menerima balasan dari pemberiannya. Ketika Seseorang sudah tersugesti tentang apa yang ia beri ia harus menerima balasan dari apa yang diberikannya, berarti apa yang sudah diberikannya tak ada keiklashan. Sedangkan dalam suatu pemberian haruslah secara tulus dan Iklash tak mengharapkan apa-apa.

Begitulah Cinta, memberi tanpa menerima. Cinta bukanlah Take and Give melainkan hanya Give (memberi). Bila Seseorang sudah meyakini bahwa Cinta adalah memberi, maka ia akan berusaha keras untuk memberi demi kebaikan.

Cinta adalah memberi, entah itu ada balasan atau tidak yang terpenting adalah memberi. Sebuah ungkapan perasaan untuk seseorang tentulah dibuktikan dari sikap dan apa yang sudah diperjuangkan demi apa yang dicintainya tanpa pamrih. Tapi, ketahuilah bahwa apa yang sudah ditanam, maka suatu saat akan mendapatkan hasilnya. Apabila Seseorang telah mencintai kekasihnya, maka ia akan memberi dan memberi. Konteks memberi tidak hanya pada suatu materi, melainkan dari benih-benih perasaan yang dapat ditumbuhkan ke hatinya. Sikap contohnya, dengan sikap yang berbeda, istimewa, perhatian, maka akan menumbuhkan beberapa benih yang membuat hati si dia senang. Tidak hanya pada manusia dan benda. Cinta kepada Tuhan juga berarti memberi. Memberi Ketaatan dan kepatuhan kepada-Nya. 

Secara tidak langsung, sebenarnya apa yang sudah diberikan secara tulus, akan mendapatkan balasan tanpa rasa ingin dibalas. Sahabat harus bisa membedakan Cinta dan Cinta Buta. Apabila seseorang berambisius untuk mengejar sesuatu yang diinginkannya, tanpa melihat sisi-sisi positif yang dapat membuat kebaikan berarti bukan dikatakan Cinta melainkan Cinta buta. Begitu pula dengan seseorang yang mengatakan I LOVE YOU kepada pasangannya, tetapi merusaknya berarti itu bukan dikatakan CINTA tetapi Cinta Buta. Cinta juga berarti Sayang.

Cinta yang berarti memberikan, adalah sebuah istilah untuk ketulusan seseorang yang telah memberikan segalanya, berkorban demi apa yang diinginkannya tanpa menyesali baik buruk hasilnya. Apabila seorang yang tulus memberikan cintanya kepada seseorang yang pada akhirnya ia menjadi korban sakit hati, ia akan mengatakan :" Aku tulus mencintaimu, terserah sikapmu kepadaku. Aku akan tetap memberikan cintaku untukmu, TAPI jika kau sudah tidak mengijinkan aku untuk mencintaimu dengan tulus dan kau terus sakiti aku, maka aku akan melepasmu. Sebelum memutuskan segala sesuatu tentang meninggalkan atau tetap bertahan, maka perlu berfikir tentang manfaat dan kerugian. Karena apabila berbicara tentang cinta, maka yang ada hanya Manfaat dan Sesuatu yang bersifat positif bagi keduanya, bukan berarti manfaat bagi salah satu pihak.

Cinta dan Cinta Buta memiliki usaha yang sama tetapi dengan ambisius yang berbeda, sikap yang berbeda dan hasil yang berbeda. Tetapi, ketahuilah bahwa apa yang diberi pastilah mendapatkan hadiah. Sahabat, percayalah bahwa apa yang sudah kita lakukan pastilah memiliki hasil. Apa yang ditanam, pastilah akan memanen hasil dari apa yang ditanam. Apabila seseorang menanam cinta memberi yang berarti ketulusan dan Keiklashan kepada apa yang dicintainya, maka suatu hari nanti akan mendapatkan hal yang sama seperti apa yang sudah diberikannya. Entah itu dari target yang diberikan atau dari yang lain yang memberikan. begfitulah hidup ini, penuh dengan kejutan dan permainan-permainan Tuhan  yang memiliki seni luar biasa tentang kerumitan Cinta.

Keiklashan dan Ketulusan akan berbuah positif. Ambisius dan Rasa lebih untuk mendapatkan balasan akan mendapatkan hasil yang tidak bagus, seperti dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih. Tuhan adalah Maha segalanya, Maha Adil dan bijaksana. Tak mungkin Hamba-Nya ditelantarkan begitu saja. Tuhan pasti melihat dan menguji seberapa besar ketulusan dan Keiklashan manusia. Berbicara Cinta, janganlah berfikir tentang apa yang diterima, tetapi sudahkah memberikan apa yang sudah diberikan dengan tulus?

Manusia boleh saja meminta segala apa yang diinginkannya, tetapi Tuhan tahu kebutuhan dan kapasitas manusia untuk memelihara apa yang sudah manusia minta kepada-Nya. Seandainya manusia dikabulkan permintaannya, apakah manusia akan menjaga dan memelihara dengan baik pemberian-Nya? belum tentu.


Biarkanlah Ketulusan dan Keiklashan tumbuh dalam hati, Berikanlah yang terbaik maka Suatu saat akan mendapatkan hadiah yang baik, Harapan boleh tetapi jangan ada penyesalan dari hasilnya

~Apa yang ditanam, Maka hasilnya seperti apa yang sudah ditanam~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar